Minggu, 24 Juli 2016

Cara Mengatasi Kekeringan Lahan Pertanian

https://sacredmargins.com
Secara umum lahan di Indonesia akan rawan terkena dampak musim kemarau. Kekeringan lahan pertanian menyebabkan kerugian bagi petani.

Adapun cara yang dilakukan adalah:

1. Memperbanyak Embung (tandon air) di sekitar areal pertanian. Embung mendapat pasokan  dari air hujan. dengan demikian semakin banyak volume air hujan yang bisa ditampung, maka makin banyak pula cadangan air untuk lahan pertanian disekitar embung tersebut.

2. Melakukan Penghijauan
Daerah tangkapan air (Chatcment Area) memegang peranan penting dalam penyediaan air tanah yang cukup. Rusaknya daerah tangkapan air akan berpengaruh langsung bagi sungai dan cadangan air tanah disekitar lokasi tersebut. Dengan menanam berbagi jenis tumbuhan yang bisa menyimpan air, maka akan membantu resapan air hujan kedalam tanah.

4. Penggunan Mulsa
Pada tanaman hortikultura dengan budidaya tanaman intensip, penggunaan mulsa di rasakan efektif untuk mengurangi penguapan air tanah. Sehingga kebutuhan tanaman akan air masih tetap terjaga. Dengan penggunaan mulsa, frekwensi penyiraman tanaman juga bisa dikurangi sehingga makin menghemat penggunaan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar